Sabtu, 13 Juni 2015

Kebudayaan Negara Jepang


a)      Tradisional
Jepang memiliki pakaian Tradisional yang disebut Kimono. Dahulu kimono digunakan untuk kegiatan sehari-hari, namun pada saat ini, komono hanya digunakan di acara-acara khusu.
Kendo adalah olah raga bermain pedang bambu yang berasal dari jepang sedangkan Judo adalah nama dari olahraga bela diri dari Jepang.
Ritual yang dikenal di Jepang adalah upacara minum teh atau yang dikenal dengan Chadō atau Sadō. Adalah upacara yang mencerminkan kepribadian dan pengetahuan tuan rumah yang mencakup antara lain tujuan hidup, cara berpikir, agama, apresiasi peralatan upacara minum teh dan cara meletakkan benda seni di dalam ruangan upacara minum teh (chashitsu).
Kebudayaan lain yang terkenal dari Jepang diantaranya origami berasal dari kata ori yang berarti lipat, dan kami yang berarti kertas ¬merupakan seni tradisional melipat kertas yang berkembang menjadi suatu bentuk kesenian yang modern.
b)      Modern
Budaya yang telah populer dari Jepang dan sudah sangat mendunia diantaranya Manga, Anime dan Cosplay.
Mangaatau yang lebih dikenal dengan komikdalam bahasa Indonesiamerupakan suatu media yang di dalamnya terdapat sekumpulan gambar yang mengandung cerita yang bermacam-macam variasinya.
Anime(アニメ) adalah produksi animasi Jepang yang menampilkan hasil gambar animasi melalui tangan maupun komputer. Istilah anime merupakan bahasa serapan dari bahasa Inggris “animation”.
Cosplay (コスプレ Kosupure?) adalah kata-kata bahasa Jepang yang dibuat dari menggabungkan dua kata dari bahasa inggris (wasei-eigo) "costume" dan "play". Cosplaymerupakan sebuah pertunjukan seni di mana para pesertanya menggunakan kostum dan aksesori yang menunjukkan secara spesifik suatu karakter atau ide. Pada umumnya cosplay mengacu pada manga dan anime, komik, manhwa, video games, penyanyi dan musisi, serta film.