Sabtu, 13 Juni 2015

Kondisi Fisik Negara Jepang


1)      Letak Geografis
Jepang memiliki Luas wilayah  370.370 KM2 dengan Letak Astronomis 30ºLU-47ºLU dan 128ºBT-146ºBT. Letak Geografis Jepang berada di kawasan Asia timur yang terpisah dari Benua Asia, di sebelah timur Benua Asia dan sebelah barat Samudera Pasifik dengan batas-batas :
a)      Utara adalah Laut Okhstosk
b)      Timur adalah Samudera Pasifik
c)      Selatan adalah Laut Cina timur dan Laut Filipina
d)     Barat adalah Laut Jepang dan Selat Korea
2)      Topografi dan Geomorfologi
Terdiri dari pulau-pulau, empat pulau utama Jepang yaitu Hokkaido, Honsu, Sikoku, dan Khyushu. Pada umumnya adalah daerah bergunung-gunung yang titik tertingginya adalah Gunung Fuji atau Fujiyama (3778M). Pegunungan di Jepang merupakan masih termasuk rangkaian pegunungan Sirkum Pasifik, sehingga banyak gunung apinya. Sungai di Jepang pendek-pendek serta deras sehingga baik untuk pembangkit tenaga listrik. Danau di Jepang kecil-kecil yang terbesar adalah Danau Biwa.
 
 Gambar : Gunung Fuji
3)      Iklim
Iklim bervariasi dari satu daerah ke daerah lain. Iklim di negara Jepang termasuk iklim sedang menurut letak lintang, karena itu negeri ini mengalami empat musim yang berbada-beda setiap tahunnya seperti halnya benua Eropa dan Amerika utara. Empat musim yang ada di Jepang adalah musim semi (haru), musim panas (natsu), musim gugur (aki), dan musim dingin (fuyu). Di Jepang juga terdapat musim hujan yang disebut dengan istilah tsuyu namun musim hujan ini adalah musim peralihan. Musim hujan biasanya Jepang dimulai pada awal Mei di Okinawa. Di daerah lainnya, biasanya berlangsung dari awal Juni sampai sekitar pertengahan Juli. Juga, Agustus sampai Oktober adalah musim topan puncak di Jepang.
Suhu normal Jepang selama 30 tahun (1981-2010) oleh Badan Meteorologi Jepang, suhu rata-rata tahunan untuk pusat Tokyo adalah 16,3˚C, untuk Sapporo-kota di Hokkaido adalah 8.9˚C, dan untuk Naha-kota di Okinawa adalah 23,1˚C.
4)      Flora dan Fauna
Sebagai negara Kepulauan, Jepang pasti memiliki keanekaragaman flora fauna yang tinggi, berikut ini adalah beberapa fauna di Jepang yang mulai langka diantaranya Sidat Jepang, Bajing Jepang, Kucing Iriomote, Rusa Sika, dan Ibis Jepang.
Sementara itu flora yang khas dari Jepang diantaranya jenis bunga-bunga yang sangat cantik, diantaranya bunga sakura, Ume, Anzu, Momo, Fuji, Nadeshiko, Tsubaki, Kiku dan masik banyak jenis lainnya.
 
Gambar : Bunga Sakura
 
Gambar : Kucing Iriomote
5)      Hasil Bumi
Letak geografis Jepang di zona subduksimenyebabkan Jepang memiliki sumber daya mineral yang kaya, namun hanya sedikit memiliki minyak bumi dan gas alam. Produk pertambangan seperti batu bara, emas, perak, perunggu, besi, dan sengdieksploitasi secara besar-besaran hingga dekade 1970-an. Semakin menipisnya persediaan sumber daya tambang yang diikuti penurunan mutu dan tingginya biaya operasi menjadikan industri pertambangan Jepang tidak lagi kompetitif.