Kamis, 09 Juli 2015

Kondisi Fisik Hongkong

a.      Kondisi Fisik
1)      Letak Geografis
Letak geografis Hongkong berada di Pantai Tenggara China dengan luas sekitar 1.104 kilometer persegi atau 425 mil persegi. Wilayah Hongkong hanya terdiri dari Pulau Hongkong (Hongkong Island), Kowloon, dan New Territories yang didalamnya mencakup sekitar 262 pulau-pulau terpencil.
2)      Topografi
Hong Kong ini merupakan dataran yang berbukit-bukit. Secara umum, wilayah Hong Kong terdiri dari empat bagian yaitu Kowloon Peninsula, Hong Kong Island, Lantau Island, dan New Territories yang berbatasan langsung dengan Mainland China.
3)      Iklim
Pada dasarnya Hongkong memiliki iklim yang sub-tropis yang membuatnya hangat dan lembab selama musim semi yang biasanya terjadi dari Bulan Maret sampai pertengahan Mei. Dan setelah itu, biasanya suhu di Hongkong akan meningkat dari Mei sampai pertengahan Bulan September. Dari September ke awal Desember biasanya suhu akan kembali lembab dan secara bertahap menurun. Ini menunjukkan musim gugur yang ditandai dengan sinar matahari yang jelas dan cuaca yang cerah.
4)      Flora dan Fauna
Hongkong berisi lebih dari 2.600 spesies tumbuhan vaskular, sekitar 450 jenis burung, sekitar 200 spesies kupu-kupu, sekitar 100 spesies capung, 40 jenis mamalia, 80 jenis reptil dan lebih dari 20 spesies amfibi, termasuk beberapa spesies endemik wilayah.