Kamis, 09 Juli 2015

Indikator Hongkong Sebagai Negara Maju

1)      Jumlah dan Kepadatan Penduduk Rendah
Populasi kawasan ini tahun 2011 adalah 7,07 juta jiwa, dengan kepadatan penduduk 6.317 jiwa/km², merupakan terpadat ke-4 di dunia.
2)      Pertumbuhan Penduduknya Rendah
Populasi kawasan ini tahun 2011 adalah 7,07 juta jiwa, dengan pertumbuhan rata-rata sebesar 0,6% per tahun selama 5 tahun terakhir. 
3)      Usia Harapan Hidup Tinggi
Angka harapan hidup di Hong Kong adalah 79.16 tahun untuk pria dan 84.79 tahun untuk wanita per 2009, menjadikannya salah satu yang tertinggi di dunia.
4)      Pendapatan Perkapita yang Tinggi
Berikut adalah perhitungan produk domestik bruto (PDB) dengan perhitungan keseimbangan kemampuan berbelanja per kapita, nilai seluruh produk dan jasa yang dihasilkan oleh Hongkong dalam suatu tahun, dibagi dengan rata-rata jumlah penduduk dalam tahun yang sama.
Tabel 2.5 PDB Hongkong
Rank
Sumber
Tahun
Intl. $
9
International Monetary Fund
2010
45,736
10
CIA World Factbook
2010
45,600
9
World Bank
2009
43,229

5)      Angka Kelahiran dan Kematian Rendah
Tingkat kelahiran dan kematian penduduk Hongkong tergolong paling rendah di dunia seiring dengan tingkat pertumbuhannya yang rendah.
6)      Tingkat Pendidikan Penduduknya Tinggi Sehingga Tidak Ada Penduduk Yang Buta Huruf
Sistem pendidikan Hong Kong dulunya mengikuti sistem di Inggris, meskipun ada juga sistem internasional. Pemerintah tetap mempertahankan kebijakan penggunaan "bahasa ibu" (Tradisional: 母語教) yaitu bahasa Kanton, dan penulisan dalam Mandarin dan Inggris, dengan beberapa sekolah menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar. Di sekolah menengah, ditekankan kemampuan dwibahasa dan tribahasa, dan pendidikan berbahasa Mandarin juga semakin meningkat. Program Penilaian Siswa Internasional memeringkatkan sistem pendidikan Hong Kong sebagai yang terbaik kedua dunia.
Struktur pendidikan dan kurikulum baru yang mulai dijalankan tahun 2009 mewajibkan seluruh siswa untuk menerima pendidikan wajib 3 tahun di sekolah menengah pertama dan 3 tahun wajib di sekolah menengah atas. Dengan kurikulum baru, hanya ada satu ujian yaitu Diploma Pendidikan Menengah Hong Kong.
Ada 8 universitas negeri dan 1 universitas swasta di Hong Kong, yang paling tua adalah Universitas Hong Kong (HKU), didirikan 1910–1912 Chinese University of Hong Kong didirikan tahun 1963 untuk memenuhi kebutuhan pendidikan tingkat universitas dengan bahasa Mandarin. Kompetisi diantara siswa untuk diterima masuk universitas makin tinggi, seiring dengan semakin sedikitnya kursi yang tersedia, terutama untuk bidang studi yang hanya ditawarkan beberapa pendidikan tinggiseperti kedokteran yang hanya ada di Fakultas Kedokteran Li Ka Shing di Universitas Hong Kong dan Sekolah Kedokteran CUHK di Chinese University of Hong Kong. Selain institusi negeri, ada juga beberapa institusi pendidikan swasta yang menawarkan program diploma dan pendidikan setingkat sarjana untuk mereka yang ditolak diterima di universitas, beberapa siswa dapat memiliki kesempatan kedua diterima di universitas jika mereka bisa mendapatkan nilai baik disini.
7)      Fasilitas Kesehatan yang Baik
Ada 13 rumah sakit swasta dan lebih dari 40 rumah sakit umum di Hong Kong. Tidak banyak interaksi antara pelayanan kesehatan umum dan swasta. Rumah sakit di kota ini menyediakan berbagai macam pelayanan kesehatan, dan beberapa rumah sakit diantaranya termasuk rumah sakit kelas dunia.
Ada 2 sekolah kedokteran di negara ini yaitu Chinese University of Hong Kong dan Universitas Hong Kong. Keduanya memiliki hubungan dengan sektor rumah sakit umum. Untuk pendidikan pascasarjana, umumnya banyak dokter di Hong Kong pergi keluar negeri untuk pendidikan lebih lanjut, banyak diantaranya mengambil ujian British Royal College seperti MRCP (Inggris) dan MRCS (Inggris).
8)      Sebagian Besar Penduduknya Bekerja Pada Sektor Industri Dan Jasa.
Sektor idustri terbesar di Hongkong adalah industri manufaktur. Ini merupakan penyumbang utama terhadap PDB (6,5 persen pada tahun 1998) dan tenaga kerja (7,3 persen pada tahun 1998, atau 245.457 karyawan).
Hong Kong menghasilkan produk konsumen terutama padat karya, termasuk makanan, minuman, pakaian, tekstil, produk dicetak, dan dibuat produk logam.
Dengan keadaan hongkong yang kurangnya sumber daya dan upah tenaga kerja menimbulkan banyaknya relokasi industrei ke Tiongkok. Sektor pertanian tetap diusahakan walaupun sedikit namun pengolahannya telah menggunakan alat-alat modern.
Pariwisata adalah salah satu tonggak utama perekonomian Hong Kong dengan 21,81 juta orang turis pada tahun 2004. Selama Januari sampaiApril 2005, jumlah turis terus meningkat sebesar 11,1% dan mencapai 7,41 juta orang. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat setelah dibukanya Hong Kong Disneyland Resort pada bulan September 2005.
9)      Sektor Pertanian Tetap Diusahakan Walaupun Sedikit Namun Pengolahannya Telah Menggunakan Alat-Alat Modern.
Hongkong dengan kepadatan penduduk yang sangat tinggi dan minimnya ruang untuk melakukan kegiatan pertanian tak menyurutkan keinginan masyarakatnya untuk bercocok tanam. Tujuh juta penduduk Hongkong kebanyakan hidup di apartemen karena harga tanah yang sangat mahal. Dengan motivasi kerja yang tinggi masyarakat memanfaatkan sebuah atap menara blok, para petani urban merawat tanaman organik di kebun sayuran. Walaupun bukan mata pencaharian utama, namun cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga, ketimbang harus membeli sayuran dan buah-buahan di supermarket.Yang mereka tanam pun bervariasi diantaranya berisi macam-macam sayuran dan rempah, termasuk bayam, kacang polong, sereh, mint dan rosemary.
10)  Sumber Daya Manusianya Berkualitas Tinggi, Sehingga Dapat Menguasai Ipteks
Walau berada di bawah pemerintahan Tiongkok saat ini, sistem pendidikan Hong Kong masih mengadopsi struktur yang dibentuk oleh pendidikan Inggris yang selain mengutamakan pengetahuan, juga mementingkan pembelajaran keahlian praktikal, kemampuan interpersonal, isu-isu sosio budaya, serta penerapan pengetahuan pada praktek kerja riil. Tak heran lembaga-lembaga pendidikan di Hongkong mampu mencetak sumber daya manusia yang unggul dan memiliki kualitas tinggi. Hong Kong saat ini sedang dalam proses reformasi pendidikan utama termasuk penekanan pada perkembangan moral, layanan sipil dan kebugaran fisik.
11)  Tingkat Kemiskinan dan Pengangguran Rendah.

Budaya Masyarakat Negara Tiongkok khususnya Hongkong dalam hal mencari mata pencaharian hidup sebagian besar adalah berdagang dan selalu bersaing secara bersama sama dalam memenuhi kebutuhan hidup untuk bertahan hidup, maka dari itu Ekonomi Hongkong sangat Maju dan Berkembang sekali secara Mendunia padahal Penduduk di  Kota tersebut sangat padat. Sehingga sedikit sekali dijumpai masyarakat miskin dan menganggur disana.